https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG DIAMPU OLEH GURU BIDANG STUDI DENGAN GURU PRAKTIK PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 8 PURWOREJO | Lestari | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG DIAMPU OLEH GURU BIDANG STUDI DENGAN GURU PRAKTIK PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 8 PURWOREJO

Liya Budi Lestari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  Ada tidaknya perbedaan antara prestasi belajar siswa dengan sistem pengajaran guru bidang studi dengan pengajaran guru praktik (mahasiswa yang melaksanakan PPL) pada pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi sasaran adalah kelas X SMA Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 180 siswa. Data diperoleh dari sampel  penelitian yang terdiri dari satu kelas  yang dibagi untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dalam satu kelas. metode Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitan yang digunakan adalah pemberian soal tes yang terdiri dari 30 item. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji t yang dianalisis melalui SPSS for Windows ver. 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen  data pada penelitian ini dinyatakan valid (  = 0,58 >  = 0,30), tingkat kesukaran sedang (index kesukaran = 0,44), daya pembeda cukup (0,27), reliabel (0,119 >   0,70), uji normalitas (signifikansi = 0,868 > = 0,05) dan homogen (signifikansi = 0,458 >  = 0,05). Hasil analisis menunjukan ada peningkatan nilai siswa pada kelompok kontrol 43% dibandingkan pada kelompok eksperimen yang hanya sebesar 7%. Berdasarkan uji t diperoleh nilai Uji t yang diperoleh oleh kelas kontrol adalah nilai  (56.222) > (2,002) sedangkan uji t yang diperoleh pada kelompok eksperimen adalah nilai  (42.067) > (2,002)  yang berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa ekonomi yang signifikan antara siswa yang belajar dengan sistem pengajaran guru bidang studi dengan sistem guru praktik (mahasiswa yang melaksanakan PPL) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Purworejo.

Kata kunci: Guru bidang studi, guru praktik (PPL), prestasi belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: